Me-Review Tujuan, Pengertian dan Pola Pikir

Assalamualaikum wr.wb,
Ok, ini Review tentang blog-ku sendiri!
Sepertinya memang harus mulai dari 3 hal ini: Tujuan, Pengertian dan Pola Pikir.
Itu 3 hal yang seharusnya dipikirkan terlebih dahulu sebelum kita menciptakan atau membuat sebuah blog. Pada awalnya sekitar 4 bulan lalu, sudah ada dipikiranku tentang apa Tujuan dari blog BisnisReview ini seharusnya, dan bagaimana seharusnya Pengertian dan Pola Pikir yang akan menjadi mantel untuk blog ini. Tapi seiring berjalannya waktu dan karena pengaruh dari berbagai hal, maka 3 hal penting itu menjadi kabur dan tidak tampak dalam artikel-artikel di blog ini. Ke-mandek-kan produktifitas dalam penulisan artikel pun terjadi. Dan ini benar-benar parah untuk sebuah blog yang sudah mendapatkan Page Rank (walaupun cuma PR.2 ) di google dan sudah menempati halaman pertama dalam pencarian google dengan keyphrase: Business Reviews Indonesia. Sesuai dengan judul awalnya. Setelah 2 minggu berpikir dan mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi, akhirnya aku temukan juga 3 penyakit akut yang diderita oleh blog ini.

Tujuan
Penyakit pertama: Blog ini telah melenceng dari tujuan utama penciptaannya.
Tujuan utama dari blog ini sesungguhnya adalah memberikan informasi-informasi SEDERHANA dan MENDASAR yang aku harapkan bisa berguna bagi newbies (orang bilang, new kids on the blog), khususnya yang di Indonesia. Tapi setelah terjun di dunia blog dan sering melihat blog-blog yang lain, tujuan itu menjadi terkikis. Mungkin karena aku melihat sudah begitu banyak blog-blog yang memberikan informasi-informasi sederhana dan mendasar, maka aku pikir "Mmm, ternyata semua orang sudah tahu!". Aku melupakan kenyataan bahwa di dunia ini "orang yang TIDAK tahu" lebih banyak jumlahnya dibanding "orang yang tahu".

Pengertian
Penyakit kedua adalah: Pengertian yang salah tentang arti dari sebuah blog.
Pengertian Blog secara umum, pada awalnya adalah suatu media yang digunakan untuk mencurahkan pemikiran, ide, atau gagasan kita dalam bentuk tulisan, dan juga bisa digunakan untuk menyimpan foto-foto pribadi. Sebenarnya lebih mirip diary elektronik. Tapi karena bisa dipublikasikan, maka blog kemudian berkembang menjadi sarana komunikasi dan bertukar pikiran. Pada perkembangan selanjutnya, blog yang sifatnya dinamis dan performa serta penampilannya telah berkembang lebih baik, akhirnya menjadi lebih mirip sebuah website. Sementara kebanyakan website yang sifat dasarnya memang statis mulai melengkapi dirinya dengan blog agar lebih dinamis. Lalu mulailah terdengar yang namanya, WebBlog! Nah, disini rancu juga! Apakah WebBlog itu sebuah "blog yang website" ataukah "website yang blog"??
Dan disinilah awal bencana itu, kesalahanku adalah: aku telah memandang sebuah blog bukan lagi sebagai blog, tapi sebagai website............. yang statis.

Pola Pikir
Penyakit ketiga adalah: Pola pikir yang salah pada pikiranku sendiri pada saat awal penciptaan blog ini yang terlahir dari pengertian yang salah.
Dan karena blog telah mengalami evolusi sedemikian rupa sehingga lebih mirip dengan website. Lalu mulailah blog dimanfaatkan untuk mencari uang atau bahasa kerennya, di-monetisasi. Tentu ini bukanlah suatu tindakan yang salah, ini hal yang bagus! Tapi disinilah letak kesalahanku. Aku pikir setelah menempatkan blog-ku di halaman pertama google dengan keywords tertentu, lalu mengikuti program PPC maka uang akan mengalir ke rekeningku. Benar-benar sebuah kesalahan FATAL!!
Aku telah memperlakukan blog-ku seperti "Sapi Perah".
Aku telah melupakan sifat "dinamis" yang merupakan sifat dasar dari sebuah blog, dan juga telah melupakan tujuan utama dari blog ini.
Dan yang lebih parah lagi, aku mengikuti program-program PPC luar negeri seperti Google AdSense yang jelas-jelas menuntutku untuk bisa menulis dalam bahasa Inggris. Bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris itu hal yang bagus, sih! Tapi untuk orang dengan kemampuan English yang ancur-ancuran seperti aku, bisa-bisa sebulan cuma menghasilkan 1-2 artikel saja, dan itu juga dengan grammar yang amburadul. Yang nulis puyeng, yang baca bisa lebih puyeng lagi. He.., he.., he..., he....

Akhirnya.
Setelah merenung ( walaah...gayanya kayak filosof aja.......! ).
Akhirnya kuputuskan untuk kembali ke tujuan awal yaitu, memberikan informasi-informasi SEDERHANA dan MENDASAR bagi newbies.
Nah, buat teman-teman yang sudah banyak pengalaman di blogosphere yang mungkin suatu saat nanti sempat mampir di blog ini, dan KELAK akan menemukan satu atau beberapa artikel disini yang mirip atau nyaris kembar dengan artikel teman-teman, aku minta maaf yang sebesar-besarnya.

Mohon bisa dimaklumi, karena yang namanya PENGETAHUAN DASAR pastilah banyak miripnya. Yang namanya 1+1 pastilah akan dijawab 2...., secara umum.
Dan yang namanya Hukum Kekekalan Energi pastilah secara umum identik dengan Einstein.
Coba sekarang aku beri kalian 2 pertanyaan:
Apa Lambang negara Indonesia?
Nah, jawaban kalian banyak yang sama, kan?
Satu lagi. Apa perbedaan-perbedaan kaum Laki-laki dengan kaum Perempuan secara FISIK?
Nah, jawaban-jawaban kalian banyak yang mirip, kan? Mungkin ada yang menjawab berbeda, tapi lebih banyak yang mirip, kan? He.., he.., he.., he....

Tapi biarpun nanti banyak artikelku yang mirip dengan punya teman-teman, aku jamin itu tulisanku sendiri, bukan copy-paste dari artikel teman-teman.
Tapi bagaimana kalo mirip dan kenapa mirip? Yah, namanya juga blogger. Kan sering blog-walking, sering baca tulisan temen-temen. Dari sekian banyak blog dengan author yang berbeda-beda, baik dari segi tata bahasa, gaya penulisan dan pola pikir. Bagaimana mungkin TIDAK ada satu pun yang mempengaruhi tata bahasa, gaya penulisan dan pola pikir aku? Bagaimana mungkin hal itu TIDAK akan mendatangkan inspirasi untuk aku? Kita semua secara otomatis saling mempengaruhi satu dengan yang lain, kan? Bukankah kita hidup di dunia yang sama?

Ok, sudah cukup kurasa.
Intinya, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada blog ini.
Mulai dari tampilannya, mungkin nanti keywordnya, deskripsinya, bahkan mungkin judul blog-nya. Dan yang pasti Tujuan blog ini dan target trafiknya.
Dan entah apa lagi......, aku rasa blog ini akan sering berubah karena aku menyukai perubahan.
Sekian.

Wassalamualaikum, wr. wb.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments